Senyumlah Wahai OrangTua Ku........... Ini Salah Satu Bakti Anakmu

Senyumlah Wahai OrangTua Ku........... Ini Salah Satu Bakti Anakmu
gambar dari centralcoastoutdooradventures.com
Wahai teman....... Sungguh senang hati kita jika melihat kedua orangtua tersenyum kepada kita. Salah satu hal untuk membalas budi mereka yaitu dengan membuat orangtua tersenyum melihat anaknya sudah berhasil baik untuk dunia maupun untuk akhirat. Banyak faktor untuk menimbulkan senyuman dari orangtua, salah satunya yaitu menjadi Sarjana S1 dan memiliki penghasilan sendiri baik menjadi pegawai atau berwirausaha. Orangtua tidak mengharapkan sesuatu yang besar dari kita sebagai anaknya, bahkan hanya sekedar sayang kepada orangtua sudah cukup membuat mereka tersenyum. Kawan- kawan yang masih memiliki kedua orangtua ataupun salah satunya berbahagialah karena masih dapat berbakti kepada mereka di dunia ini dengan penuh kasih sayang dan dapat merawatnya ketika sudah tua.

Rasulullah SAW. sangat menganjurkan untuk menghormati orang tua dan membuat mereka tersenyum, seperti yang diriwayatkan dari Abdullah bin 'Amr bin 'Ash, ia berkata : "Ada seorang laki-laki datang kepada Nabi, kemudian berkata : Saya datang berbai'at kepadamu untuk berhijrah, tetapi saya tinggalkan kedua orangtuaku dengan menangis Maka jawab Nabi : Pulanglah dan perbuatlah kedua orangtuamu itu ketawa, sebagaimana kamu perbuat mereka menangis."[1]

Ada beberapa keutamaan berbakti kepada orangtua, yaitu : [2]
1. Berbakti kepada kedua orangtua ialah amal yang paling utama.[3]
2. Ridha Allah tergantung kepada keridhaan orangtua.[4]
3. Berbakti kepada kedua orangtua dapat menghilangkan kesulitan yang sedang dialami.[5]
4. Berbakti kepada kedua orangtua akan diluaskan rizki dan dipanjangkan umur.[6]
5. Berbakti kepada kedua orangtua akan dimasukkan ke surga oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Amin...^_^

Kawan, begitu besar jasa kedua orangtua terhadap anaknya..... Sehingga perbuatan apapun yang kita lakukan untuk berbakti kepada kedua orangtua tak akan bisa membalas jasanya.

Ingatkah engkau kawan, ketika ibu kita telah mengurusi mulai dari kandungan sampai ketika melahirkan, ibu mempertaruhkan jiwa antara hidup dan mati. Begitupun sesudah kita lahir ke dunia, ibu lah yg menyusui dan membersihkan kotoran kita. Ibu selalu menjaga dan menemani ketika kita terbangun atau menangis baik di pagi, siang atau malam hari, bahkan pada saat malam, bapak pun menemani kita.

Ingatkah kawan ketika engkau sakit, siapa yang menjaga dan merawatmu? ibu bisa menangis dan bapak kita berusaha  agar kita cepat sembuh dengan membawa ke dokter. Ketika engkau sudah beranjak besar, diberikannya pendidikan yang baik untuk kita agar dapat menjalani hidup ini dengan baik tanpa memperdulikan berapa besar biaya engkau bersekolah mulai dari TK sampai perguruan tinggi. Itulah sebagian kecil jasa kedua orangtua kita agar anaknya dapat terus hidup di dunia ini dan merasakan kebahagiaan.

Ok, kawan... Mari kita berusaha untuk membuat senyuman di orangtua kita. Aku pun sedang berusaha menjadi anak yang selalu memberikan kesejukan di hati orangtuaku dan membuat mereka tersenyum. ^_^


Catatan Kaki :
[1] Riwayat Bukhari; artikel dalam jiwang.org
[2] Selengkapnya kunjungi blog.re.or.id
[3] Hadits Riwayat Bukhari I/134, Muslim No.85, Fathul Baari 2/9
[4] Hadits Riwayat Bukhari dalam Adabul Mufrad (2), Ibnu Hibban (2026-Mawarid-), Tirmidzi (1900), Hakim (4/151-152)
[5] Hadits Riwayat Bukhari (Fathul Baari 4/449 No. 2272), Muslim (2473) (100) Bab Qishshah Ashabil Ghaar Ats Tsalatsah Wat-Tawasul bi Shalihil A’mal
[6] Hadits Riwayat Bukhari 7/72, Muslim 2557, Abu Dawud 1693

Tertarik dengan Internet Marketing & Make Money from Internet. Insyaallah memiliki penghasilan minimal $3000/bulan dari Masnamedia Network™ pada tahun 2016.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Komentar:

Komentar

Kewirausahaan
Travel